Previous Article Tips Melatih Kelinci Agar Penurut
Posted in Budidaya

Tips Melatih Kelinci Agar Penurut

Tips Melatih Kelinci Agar Penurut Posted on November 8, 2018Leave a comment

Memiliki hewan peliharaan yang penurut tentunya sangat menyenangkan, kelinci seperti halnya anjing dan kucing juga dapat dilatih untuk mengikuti perintah kita, berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan agar kelinci hias anda dapat menjadi hewan penurut.

  1. Beri Nama Panggilan
    Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memberi nama, dengan memberi nama akan memudahkan ketika anda memanggilnya, berikan nama yang sesuai jenis kelamin dan karakter kelinci anda, gunamakan nama yang pendek, jelas, dan tegas. sering-seringlah memanggil dengan namanya terutama ketika jam makan, dan ketika bermain dengan kelinci anda, sehingga kelinci akan lebih aware bahwa dia pemilik nama tersebut. Panggilah dia dengan tenang namun tegas, jangan berteriak karena kelinci tidak suka dengan suara keras. Jika dia belum merespon panggilan kita bersabarlah dan terus berlatih.
  2. Membawa makanan kesukaannya
    Pada saat memanggil kelinci bawalah makanan kesukaannya, ketika dia mendekat sodorkan kemudian beri makan melalui tangan anda, setelah itu mundur dan panggil lagi sambil menyodorkan makanan. Berikan suasana nyaman ketika berada dekat anda. Melatihnya membutuhkan kesabaran, dan jangan terlalu lama dilakukan dalam 1 hari, cukup 5-10 menit, bisa dilakukan sehari 3x ketika waktu makan.
  3. Memberi hadiah
    Jika kelinci anda sudah dapat memenuhi panggilan anda, bahkan dipanggil 1 x pun dia akan sdh mendatangi anda, jangan lupa memberikan reward, bisa berupa mainan atau makanan kesukaannya. Hal itu akan menjadikan dia lebih nyaman dan lebih mau menurut dengan pemiliknya.

Untuk memulai memelihara kelinci sebenarnya terdapat dua pendapat. Pendapat pertama adalah membeli kelinci yang sudah besar lebih mudah dalam hal merawatnya. Namun terkadang pemilik kelinci akan susah mengerti kondisi kelinci ketika sedang sakit atau stress karena tidak mengikuti pola yang ditunjukkan oleh kelinci.

Saran yang saya ajukan adalah kelinci pada saat masih kecil tetapi telah disapih oleh induknya. Kelinci yang sudah berusia enam sampai delapan bulan adalah usia yang sangat baik untuk mulai dipelihara. Hal ini diambil dengan mempertimbangkan kelinci yang sudah bisa makan sayuran dan tidak membutuhkan susu lagi dari induknya.

Jika anda merawat kelinci dengan benar, Kelinci dapat bertahan sampai umur belasan tahun sebelum akhirnya mati karena usia. Meskipun tidak seperti kucing, kelinci dapat dilatih sedikit lebih jinak dibanding kucing. beberapa hal yang anda harus perhatikan mengenai kelinci adalah jangan menggendong kelinci seperti dengan kucing. 

Kucing memiliki tingkat intelekual yang lebih dibandingkan dengan kelinci. Ketika kucing digendong oleh tuannya, kuku-kuku kucing akan dimasukkan ke dalam sarungnya sehingga tidak melukai tuannya. Namun Kelinci tidak dapat melakukan sama, sehingga seringkali tangan akan tergores oleh cakar kelinci ketika kelinci tidak senang untuk digendong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *